Pemkab Selayar Kembali Evaluasi Pemerintahan 3 Tahun Kepemimpinan BAZ di Bidang Pendidikan, Olahraga & Kesbangpol

BENTENG – Humas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar kembali menggelar jumpa Pers evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar tahun anggaran 2016 – 2019 bidang pendidikan dan kebudayaan, bidang pemuda dan olahraga serta bidang kesatuan bangsa dan politik.

Hadir dalam kegiatan ini wakil bupati Kepulauan Selayar Dr.H.Zainuddin, SH,MH didampingi Asisten Administrasi Drs.Dahlul Malik, Kepala Bappeda Drs.Baso Lewa, Kabag Humas Siti Rahmania, SH, dan beberapa perangkat pemerintahan termasuk beberapa kepala OPD, Selasa (19/03/2019).

Dalam paparannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten kepulauan Selayar Drs.Mustakim Kr, memaparkan sejumlah pencapaian dalam tiga tahun terakhir dan kendala yang dihadapi.

“Untuk melestarian Budaya Kearifan lokal, dinas pendidikan sudah menggiatkan disekolah sekolah yaitu ada kurikulum muatan lokal yang khusus mempelajari budaya dan kesenian daerah dan pelestarian beberapa benda benda peninggalan bersejarah yang telah menjadi cagar budaya” Ujar Mustakim

Dalam kesempatan ini juga kadis pendidikan menyampaikan bahwa padal tanggal 27 april – 2 mei rencananya akan diadakan pameran pendidikan yg didalamnya ada lomba olaharaga tradisional, termasuk gasinh, allogga’, ka’daro dll.

“Untuk mengatasi kekurangan tenaga guru yang kurang lebih 700 orang karena setiap tahunnya ada sekitar 20 tenaga guru yang pensiun, sehingga guru yg tersisa 1625 org yg ada, maka untuk menutupi itu pemda mengangkat tenaga kontrak sekitar 600 orang,bersama dengan staf tata usaha sehingga total 1073 orang tapi bukan guru semua, CPNS belim terima SK 100 orang, guru p3k 50 orang” Paparnya.

Kepala Kesbangpol Kep Selayar Ince Rahim Menyampaikan bahwa pihak mereka telah membentuk tim intelegen kecamataan yg bertujuan untuk membantu memberikan informasi yg berpotensi mengganggu khidupan sosial dan keamanan masyarakat sehingga penganannya lebih mudah.

Kesbangpol juga menyampaikan bahwa selayar yang sudah bukan lagi tempat persiggahan melainkan sudah dijadikan tempat tujuan sehingga banyak bangsa asing yg ada didaerah ini, itu juga mendapat perhatian khusus oleh kesbangpol dengan membentuk tim PORA ( pemantauan orang asing) yg tergabung didalamnya adalah TNI, Kepolisian, KESBANGPOL dan Masyarakat.

Sementara itu kadispora menyampaikan akan memfasilitasi pemuda yang berprerstasi dibidang olahraga untuk melanjutkan pendidikan di PPLT,

“Tahun kemarin kita meloloskan 12 orang dari 25 orang yang dibawa kemakassar untuk seleksi yg dibina khusus di PPLT
Setiap tahunnya dispora rutin mengirim anak anak berprestasi kesana yang juga difasilitasi” Kuncinya.

*****

Febri