Kabar Group Indonesia Network Resmi Diperkenalkan di Jakarta

Jakarta–Kabar Grup Indonesia Network atau KGINetwork, secara resmi diperkenalkan secara nasional di Jakarta, Rabu malam 27 Maret 2019, melalui acara Soft Launching KGI Network di Kantor KabarIndonesia.ID di kawasan Abdullah Syafei Tebet Jakarta Selatan.

Soft Lauching ini sekaligus menandai jalannya dua portal KGINetwork di Jakarta, yaitu portal lokal KabarJakarta.com dan portal KabarIndonesia.ID yang akan menjadi media nasional KGI di Jakarta.

Hadir dalam soft launching KGINetwork, Ketua umum Asosiasi Media Siber Indonesia Wenseslaus Manggut, mantan anggota Dewan Pers dan Pengajar Lembaga Pers Dr Soetomo Abdullah Alamudi, Direktur Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid, Manajer Area Internews Indonesia Arfi Bambani. Para pemimpin redaksi media di tanah air, antara lain Pemred Tirto.Id Sapto Anggoro, Cumicumi.com Ronny Kusuma, Viva News Adi Maryadi, BeritaSatuHolding Adi Pras, Dream Ismoko, Suara.com Suwarjono, serta beberapa undangan dari praktisi media digital, akademisi, dan perwakilan perbankan dan juga penggiat media sosial di Jakarta.

Upi Asmaradhana, CEO KGI mengatakan, soft launching ini, menandai dimulainya roadmap pembentukan jaringan pemberitaan Kabar Grup Indonesia di 35 kota di tanah air, yang akan selesai pada 29 Agustus 2025. ” Hari ini menjadi momentum kami untuk bergerak sesuai visi 2025. Mimpi dan cita-cita KGI menjadi kantor berita digital berbasis keunggulan lokal pada 2025.Mohon doanya,” kata Upi.

Dijelaskan, konsep KGINetwork ini diwujudkan setelah 10 tahun usia KabarMakassar.com, sebuah portal lokal yang dibangun di Makassar yang menjadi cikal bakal KGI Network. ” Butuh 10 tahun lamanya untuk masuk Jakarta. Dan acara hari ini bagian dari RoadMap 2025 itu,”papar Upi.

KGINetwork hadir di Jakarta dengan membawa misi tiga panji yang dikenal dengan Trilogi KGI : yaitu Diversity of Content, Diversity of Owner dan Voice of The Voiceless.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, AMSI menyambut baik kehadiran KGI Network di Jakarta. ” Selamat datang kawan-kawan di Jakarta. Kita berharap KGI Network bisa memberi perspektif baru media dan jurnalisme Indonesia.KGINetwork adalah media lokal anggota AMSI pertama dari daerah yang membangun media di Jakarta dan nasional,” kata Wens.

AMSI juga menaruh harapan agar ke depan para anggotanya menjalin kolaborasi yang sifatnya saling menguntungkan. ” Sebagai organisasi AMSI menjadi penting melindungi angggota untuk berkembang dan berkolaborasi,” kata Bos KLN ini.

Sementara itu Usman Hamid, mengatakan semoga kehadiran KGI Network akan menjadi media pembeda yang berani menyuarakan suara-suara kaum marginal. ” Sesuai visinya sebagai Voice of The Voiceless KGI melalui KabarIndonesia.ID harus menjadi media yang mendorong semangat itu, sama dengan tempat saya bekerja di Amnesty Internasional Jakarta, ” harapnya.

Abdullah Alamudi yang diberi amanah memimpin doa, berharap semangat pembentukan KGI Network ini akan bisa memberikan sumbangsih bagi jurnalisme Indonesia ke depan. ” Saya mengenal upi ( Ceo KGI red) sejak dia berkasus di Makassar dalam perkara melawan kriminalisasi pers Kapolda Sulsel kala itu. Mudah-mudahan semangat perlawanan dan upayanya membangun media di Jakarta dan di daerah menjadi kenyataan pada 2025 mendatang,” Harap Mantan Anggota Dewan Pers ini.

KGINetwork merupakan sebuah prakarsa jaringan media Kabar Grup Indonesia, yang terdiri atas 23 portal di seluruh Indonesia, yang berkedudukan di Jakarta.KGI Network akan memulai tahapan-tahapan itu, secara berkala untuk enam tahun ke depan.

KGI Network berkantor pusat di kota Makassar, dan kantornya di Jakarta yang membawahi KabarJakarta.com, KabarIndonesia.ID menjadi Head Bisnis KGI. Sesuai rencana KGINetwork akan menggelar Grand Launching pada 29 Agustus 2019 mendatang, sekaligus perayaan 10 tahun KabarMakassar dibawah bendera PT Kabar Grup Indonesia.

Reporter: Marlon